Sunday, 22 August 2010

Cara Mudah Menghilangkan Judul Widget Pada Sidebar Blog

:

Sejak blogger mengintegrasikan blogger in draft (blogger template designer) ke blogger standard, ada beberapa perubahan dalam script template, dan dari pengamatan jika menggunakan template standar blogspot maupun template bawaan blogger designer, maka terkadang muncul pesan kesalahan "Bidang yang dipersyaratkan tidak boleh kosong" , saat membuat , menyimpan sebuah gadget html/javascript yang judulnya dikosongkan. 

Untuk menghapus atau menghilangkan judul gadget html/javascript agar judul-nya kosong, maka perlu dilakukan pengubahan script pada template. Gadget html/javascript tanpa judul biasanya diperlukan saat membuat menu navigasi atau gadget lainnya yang sengaja disembunyikan /tidak ditampilkan judulnya.


Langsung saja saya mulai tutorialnya
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah

    membuat sebuah widget pada sidebar blog anda. Pada langkah ini anda harus memasukkan judul widget atau gadget nya, karena gadget tidak akan bisa disimpan tanpa judul / title. Berikut contohnya :


2.  Setelah selesai melakukan langkah pertama, selanjutnya masuk ke langkah berikutnya, yaitu menuEdit HTML.

  • Terlebih dahulu simpan kode html blog anda dengan cara klik Download Full Template. Kenapa harus disimpan?? karena baris - baris kode pada judul widget anda tidak akan kelihatan jika tidak disimpan.
  • Setelah disimpan, upload lagi file yang disimpan tadi, dengan cara Klik Browse, lalu cari file yang didownload tadi, kemudian klik upload.
  • Setelah selesai di upload, Maka semua isi kode - kode html blog anda akan keluar.
  • Kemudian cari Judul Widget yang baru anda tambahkan tadi. Pada tutorial ini saya memberi judul " Tab Widget ". Untuk mempercepat waktu tekan kombinasi tombol Ctrl + F, atau Klik menu Edit - Find ( pada browser Mozilla Firefox ). Pada kolom find ketikkan Judul Blog Andatadi. Berikut Contohnya :
 


Setelah anda menemukan baris kode judul widget / gadget anda, selanjutnya hapus baris kode berikut ini :


<!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>



lihat contohnya : HAPUS KODE YANG DIBLOK


  • Setelah itu Klik Save Tempalte, Buka Blog anda dan Lihat Hasilnya.
Berikut contoh hasilnya, atau anda dapat melihatnya sentraBLOG pada widget komentar.
 


 
Oke sekian tips dan trik blogspot kali ini, nantikan tips dan trik berikutnya. Atau anda punya keluhan mengenai blog anda, Silahkan tuliskan komentar anda dibawah, dan mari kita pecahkan bersama - sama. Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sentraBLOG.


Cara Mudah Menghilangkan Judul Widget Pada Sidebar Blog 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Artikel Terkait

cElOTEh sObAT BLOGGER :

Ada 0 komentar ke “Cara Mudah Menghilangkan Judul Widget Pada Sidebar Blog”
:cendolbig :batabig :najis :marah :repost :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :nosara :berduka :hoax :dp :cekpm :thumbup :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :mewek :babyboy :babygirl :95

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

BLOG ini DOFOLLOW _ Berkomenarlah Yang Baik Dan Sopan Zaaaa !!
Kalo Mau Pake EMOTICONS, sObat Hanya Cukup Menulisan Kodenya Saja... !! ( :10 :11 :13 :16 - :101 / :najis :travel :rate5 ) BE A FRIENDLY !