Tuesday, 20 July 2010

Tips Keamanan Menjaga Akun Gmail Anda

:


Waspadalah!! Waspadalah !! Waspadalah !!


“Setiap tiga detik, sebuah iden titas dicuri –artinya, ham pir 10.512.000 iden titas per tahun nya. Email palsu, situs palsu dan iklan online menipu korban untuk menyerahkan data pribadi seperti nomor kartu kredit. Mereka akan melakukan segala cara untuk men curi semua milik Anda: mulai dari uang, identitas hingga nama baik.”

“Kita jangan menutup mata bahwa pen jahat cyber saat ini sudah merusak hidup manusia, bukan hanya merusak kom puter. Dan metode yang mereka lakukan semakin hari semakin licik.” (dikutip dari: detik net)

Tips Keamanan Akun Gmail

Dalam rangka membangun dan menumbuhkan kesadaran keamanan cyber, Official Gmail telah mem posting sebuah tulisan yang berjudul Choosing a Smart Password (bagaimana cara memilih pass word yang cerdas). Namun, setelah akun gmail kita ter­lin dungi dengan kata sandi (password) yang kuat, ada beberapa langkah tambahan yang dapat (semestinya) kita lakukan agar akun Gmail kita tetap terjaga keamanan nya, yaitu sebagai berikut:

1.Senan tiasa lakukan sign out. Terutama bila mengunakan komputer publik (yang digunakan banyak user), lakukanlah sign out dari akun Google ketika selesai. Cukup klik “Sign out” link di sudut kanan atas kotak masuk. Jika meng gunakan komputer publik atau berbagi dan ingin semakin aman, kita juga dapat menghapus cache browser, cookie dan history.Lalu, tutuplah browser. Pada komputer pribadi, juga dapat mengunci komputer dengan screen saver yang dilindungi dengan kata sandi apabila kita hendak meninggalkan komputer aktif. Jika lupa sign out. Bukalah sesi Gmail baru pada kom­puter lain dan gunakan fitur Gmail remote sign out untuk menutup semua sesi yang mungkin masih terbuka di tempat lain.

2. Senan tiasa berhati-hati dalam mengirimkan infor masi sensitif tertentu melalui email. Setelah kita mengirim email, kita tidak lagi mengendalikan informasi yang dikandung­nya. Penerima, bila mereka mau, bisa meneruskan email atau memposting isinya di tem pat umum. Sebaik nya, jika perlu memberikan nomor kartu kredit atau nomor rekening keuangan untuk menanggapi pesan, sampaikanlah melalui telepon atau secara langsung alias tidak melalui email. Dan tidak pernah berbagi password Gmail dengan siapa pun. Google tidak meng-email kita untuk meminta sandi, nomor jaminan sosial, atau infor masi pribadi lain nya — jadi jangan kirimkan melalui email ya…!

3. Aktifkan ” Always use HTTPS “. Setiap kali kita mengunjungi suatu halaman web, ketika komputer kita harus mengirim dan menerima informasi di Intenet. HTTPS digunakan untuk meng-enkripsi data pada saat data ditrans misikan antara komputer di Internet, mode “https” pada URL bar pada browser untuk menun jukkan bahwa hubungan antara komputer kita dan server Gmail dienk ripsi. Google menggunakan HTTPS pada halaman login Gmail, dan kita dapat memilih untuk melin dungi seluruh sesi dengan HTTPS Gmail juga. HTTPS dapat membuat loading email kita lebih lambat, jadi pihak Gmail mem berikan pilihan untuk kita sendiri. Buka Pengaturan dan pilih ” pada tab General, jika Anda ingin mengaktifkannya.

4. Was padai attach ments. Untuk mem bantu melindungi akun Gmail kita dari virus dan malware, Gmail secara otomatis memin dai semua attach ments (lampiran) kalau sudah dikirim kepada kita, dan sekali lagi setiap kali kita mem buka pesan. Begitupun ketika meng irim lampiran. Jadi jika kita kebetulan men dapatkan sebuah email dari seseorang dengan lampiran yang tidak kita harapkan, jangan ragu untuk meminta infor masi dari pengirim sebelum kita memutuskan untuk membukanya.

5. Pas tikan Akun Gmail selalu ter upadate. Infor masi pemulihan akun kita akan mem­bantu kita mem peroleh kembali akses ke akun kita jika kita per nah lupa pass word, atau jika seseorang mem peroleh akses ke akun kita tanpa seizin kita. Saat ini Gmail menawarkan beberapa jalan untuk melakukan pemulihan. Setiap peng guna Gmail harus memilih per tanyaan keamanan dan jawaban — pas tikan untuk memilih kom­binasi yang mudah bagi kita untuk meng ingat nya, tetapi sulit bagi orang lain untuk menebak nya. Tidak memilih per tanyaan yang orang lain dapat dengan mudah menebak jawaban nya. Gmail juga senan tiasa menyarankan kita untuk menyediakan alamat email sekun der dan / atau nomor telepon mobile, agar Gmail dapat meng irimi kita link untuk mereset pass word jika kita kehilangan akses ke akun Gmail.

Kita dapat men jelajahi tips keamanan tam bahan untuk Gmail di Help Center-nya Gmail. Atau mepelajari lebih lan jut ten tang bagaimana melin dungi kom puter, website, dan infor masi pribadi dengan men cari tulisan meng enai keamanan di Google blog atau mengunjungi http://www.staysafeonline.org.


Tips Keamanan Menjaga Akun Gmail Anda 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Artikel Terkait

cElOTEh sObAT BLOGGER :

Ada 0 komentar ke “Tips Keamanan Menjaga Akun Gmail Anda”
:cendolbig :batabig :najis :marah :repost :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :nosara :berduka :hoax :dp :cekpm :thumbup :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :mewek :babyboy :babygirl :95

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

BLOG ini DOFOLLOW _ Berkomenarlah Yang Baik Dan Sopan Zaaaa !!
Kalo Mau Pake EMOTICONS, sObat Hanya Cukup Menulisan Kodenya Saja... !! ( :10 :11 :13 :16 - :101 / :najis :travel :rate5 ) BE A FRIENDLY !