Loading...

Saturday, 13 August 2011

Download Gratis Kamus Bahasa Jawa (Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil)

:

Download Software Kamus Tembung Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil v.1 karya Feriawan Agung Nugroho. software kamus ini merupakan kamus yang sangat kreatif dan terbilang lumayan bagus, karena didalamnya mengandung beberapa pilihan bahasa-bahasa yang dipake orang jawa dari yang Krama Madya maupun Krama inggil yaitu bahasa halus bagi orang jawa sehingga kita bisa dengan mudah mempelajari bahasa jawa halus yang lebih sopan dalam berkomunikasi dengan sesama orang jawanya. manarik bukan ?

simak sekilas sOb  !! Kamus Tembung Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Alus ini dibuat untuk memudahkan bagi siapa saja yang berniat untuk belajar berbahasa jawa sesuai dengan adat dan sopan santun yang berlaku, dengan kata alin.. bahasa jawa ada yang kasar (layaknya bahasa SUROBOYOAN alias BOBEK gt) :) dan jg bahasa jawa halus. software kamus ini juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mencari kata dalam bahasa ngoko untuk kemudian dapat diterjemahkan secara cepat.



Kelebihan dari kamus ini adalah: simpel, mudah digunakan oleh siapa saja, ukuran file yang kecil dan tidak membebani memori serta harddisk, bisa digunakan oleh komputer dengan spesifikasi lawas ataupun rendah (komputer tua), kontennya bisa diedit dan ditambah sesuai dengan keinginan penggunanya, tidak ada proteksi database.



Selain itu, kamus ini menang sengaja digratiskan (sebagai free software) dengan tujuan untuk mewujudkan kecintaan kepada budaya daerah sendiri yang konon mulai luntur dan pudar.  Sebelum terlanjur punah ataupun dirampok mentah-mentah oleh bangsa lain, maka sudah selayaknya bagi pembuat aplikasi ini untuk berbuat yang terbaik bagi negeri sendiri, khususnya bagi pelestarian budaya Jawa.


Sebarluaskanlah.. pasang di blog, facebook, friendster, forum atau apapun yang memungkinkan banyak orang untuk mengaksesnya.

Cara Instalasi Software:

1. Setelah didownload. Ekstraklah program di sembarang folder di komputer anda. Akan ada 3 file terpisah : kAMUS JAWA.Cab, Setup.LST dan Setup.exe
2. Klik Setup.exe sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di bawan ini:

Klik dua kali di bagian setup.exe

4. Lalu muncullah penampakan instalasi dengan gambar biru di layar dan kemudian muncul opsi seperti ini:

tugas anda adalah mengklik yang ditandai merah. Itulan icon install (gambar kompute dan kardus).
5.Setelah itu akan muncul permintaan yang kurang lebih artinya: “mau diinstal di folder mana?” sebagaimana dilihat di bawah ini:

Tugas anda adalah klik bagian continue (yang dilingkari merah)


6. Biasanya sih langsung kelar sampai akhir dan sukses. Tetapi jika suatu saat anda mendapati seperti ini:
Maka janganlah anda gundah gulana ataupun khawatir. Cukup klik ignore dan percayalah tidak ada apa-apa yang perlu dirisaukan. Di sini disebutkan bahwa instalasi software yang dibawa kamus ini nyata-nyata sudah ditemukan di komputer anda dan sedang digunakan, sehingga gak perlu ditambah instalasinya.


7. Setelah itu barangkali akan muncul sesudahnya seperti ini:

Lakukan klik YES.


8. Setelah itu anda cukup melakukan klik IGNORE pada beberapa kejadian serupa sampai kemudian instalasi selesai. Jika sukses, di komputer anda sudah terinstall software ini:


Nah selanjutnya pelajari di help file untuk menjalankan program ini:


DOWNLOAD
1. download via box.net silahkan klik di sini
2. download via server ugm silahkan klik di sini
3. download via kewlshare silahkan klik di sini



BEBERAPA KESULITAN INSTALASI KAMUS TEMBUNG JAWA (Dari Pembuat Kamus) 

(Update tulisan tanggal 11 Desember 2009)
Saya menerima masukan keluhan bahwa ada proses kegagalan instalasi software ini untuk beberapa update komponen windows. Akibatnya muncul jendela seperti ini:

Sekali lagi, tidak perlu panik dan gusar. Maklum, sebagai software yang dihasilkan oleh orang pemula ya kadang banyak cacatnya, Mas, Mbak, Bu, Pak, Yu, Kang, Dhi dll….Hehe.. Tetapi saya yakin segalanya bisa dipelajari dan diselesaikan. Marilah kita cari solusinya sama-sama, Pertama, Ekstraklah isi dari file KamusTembungJawa.zip dan bukalah isinya. Lihat gambar ini:

Sebagaimana hal di atas, lakukan ekstraksi pada file kamusjawa.CAB. Entah anda pakai winzip, pakai winrar, 7zip, winace dll, pokoknya ekstraksi. kliatannya bisa. Nah kemudian setelah itu lihatlah isi file di dalamnya:


Nah, di dalamnya anda akan ketemu icon bergambar bendera indonesia dengan lambang burung garuda. Biasanya sih, kalau udah gitu ketika di-klik icon tersebut anda sudah mendapati software ini berjalan dengan baik seperti ini:

Nah, kalau sudah begitu, jika ingin membuat icon di desktop windows anda, lakukan aja langkah ini:
1. Klik kanan icon kamusjawa.exe yang gambar burung dan bendera itu
2. Pilih opsi send to > desktop (shortcut)
3. Nah, sekarang lihat desktop anda dan software ini siap digunakan.
Kurang jelas, liat gambar di bawah ini:

OK silahkan menikmati. Semoga tetap jaya Indonesia.

Gitu aja dulu, kita sama-sama untuk memajukan bahasa dan budaya jawa. Oke?
Salam..


Download Gratis Kamus Bahasa Jawa (Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Artikel Terkait

cElOTEh sObAT BLOGGER :

Ada 18 komentar ke “Download Gratis Kamus Bahasa Jawa (Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil)”
arisambal@ymail.com said...
 

mas admin kmus bhsa jwane ad source codenya g???
mnta donk lgi btuh bnget nih....trm ksih.
kl ad krim email tlong ya??
arisambal@ymail.com

Catatan Kecil Lembar Kehidupan said...
 

matursuwun sanget software.(:13) Mugi manfaat kagem sinten kemawon ingkang gadhah niat nguri-nguri budhaya Jawi.(:38)

Imdad_Gresik said...
 

@indah lestari

mboten saget napane nOn ? bisa tu.. coba yg server BOX.cOm... ntr kan ad tulisan DOWNLOAD (4.1MB)

Black Raggae said...
 

matur thanks, gan.. mantebbbenerrrr :D hehehehe salkomsel & smoga sukses trus gan... sipp.. tararengkyu..

:cendolbig :batabig :najis :marah :repost :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :nosara :berduka :hoax :dp :cekpm :thumbup :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :mewek :babyboy :babygirl :95

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

BLOG ini DOFOLLOW _ Berkomenarlah Yang Baik Dan Sopan Zaaaa !!
Kalo Mau Pake EMOTICONS, sObat Hanya Cukup Menulisan Kodenya Saja... !! ( :10 :11 :13 :16 - :101 / :najis :travel :rate5 ) BE A FRIENDLY !