CARA DOWNLOAD VIA ADF.LY

Tuesday 9 November 2010

Menambah Bahasa Tulisan di Nokia (Mengetik Arab DLL)

:

Akhirnya, setelah melewati perjalanan panjang dan mendaki (tanpa pohon cemara di kiri kanan) berhasil juga mengakali Nokia agar bisa mengetik Arab tanpa bantuan aplikasi semacam Psiloc Crystal Arabic yang kerap membuat ponsel hang dan restart sendiri. Alhamdulillah. Penyebab kegagalan selama ini telah terpecahkan. Hanya perkara sepele yang tidak disangka – sangka, keliru memilih patch dan ROMPatcher.
Kebetulan saya punya 3 buah patch Lang Selection yang ketiganya kompatibel untuk E71 tapi ternyata kompatibelitas bukan ukuran patch bisa berfungsi dengan baik. Dan RPDomain+ yang saya anggap tidak lebih baik dari ROMPatcher konvensional ternyata malah sebaliknya. Senangnya lagi dengan keberhasilan ini saya menemukan solusi dua masalah lainnya yaitu Kastor Theme Effects dan modif menu yang tidak bisa langsung aktif saat startup ternyata bisa diatasi dengan RPDomain+ ini.

Berikut cara menambahkan bahasa tulisan di Nokia:
Persiapan :
1. Hack ponsel Nokia Ente.
2. Gunakan font yang mendukung karakter huruf Arab. Ente bisa mengambil dari FONT yang ada di Computer Ente
*jika font tidak mendukung akan menyebabkan ponsel restart saat mengaktifkan pilihan bahasa tersebut.
3. Download file PtiQwerty.zip.
*Di dalamnya ada dua buah file resource, PtiQwertyArabic.rsc, PtiRussian.rsc, PtiIndonesian.rsc, Dan PtiMalay.rsc beserta patch Lang Selection final.rmp.
4. Download RPDomain+.
 
Langkah – langkahnya :
1. Instal RPDomain+ di kartu memori (E)
2. Ekstrak file PtiQwertyArabic.rsc dan PtiQwertyRussian.rsc di C: | Resource | Qwerty (buat sendiri folder qwerty-nya).
3. Copy semua file .rsc yang ada di Z: | Resource | Qwerty dan pastekan ke C: | Resource | Qwerty.
4. Ekstrak patch Lang Selection.rmp ke E: | RDomain.
5. Buka RPDomain+ dan apply serta autorun patch Lang Selection final.
 6. Reboot ponsel.
 Buka Pengaturan > Umum > Personalisasi > Bahasa, klik Bahasa Tulisan dan lihatlah opsi bahasa tulisan telah bertambah. Atau langsung saja buka editor sms, tekan tombol Shift+Simbol untuk melihat dan mencoba perubahan yang terjadi. Kita juga bisa menambahkan bahasa penulisan lainnya yang sesuai dukungan font. Di sini kita tidak perlu mengcopykan file ptiengine.rsc ke drive C.
Sebagaimana saya singgung di atas bahwa RPDomain+ bisa mengatasi masalah Kastor Theme Effects dan modif menu yang tidak bisa langsung aktif setelah booting, jadi jika kamu mengalami masalah seperti itu, pindahkan saja patch FullKastorEnable.rmp dan ExtendMenuGrid.rmp ke folder RDomain dan apply lewat RPDomain+.

Goodbye Psiloc Crystal Arabic

 Nih dia, keypad Arabic HP Nokia E71:
 


Menambah Bahasa Tulisan di Nokia (Mengetik Arab DLL) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Artikel Terkait

cElOTEh sObAT BLOGGER :

Ada 0 komentar ke “Menambah Bahasa Tulisan di Nokia (Mengetik Arab DLL)”
:cendolbig :batabig :najis :marah :repost :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :nosara :berduka :hoax :dp :cekpm :thumbup :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :mewek :babyboy :babygirl :95

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

BLOG ini DOFOLLOW _ Berkomenarlah Yang Baik Dan Sopan Zaaaa !!
Kalo Mau Pake EMOTICONS, sObat Hanya Cukup Menulisan Kodenya Saja... !! ( :10 :11 :13 :16 - :101 / :najis :travel :rate5 ) BE A FRIENDLY !