A. Mata Kuliah : Ushul Fiqh dan Kaidah-Kaidah Fiqhiyah
Kode MK. : B861
Komponen : Utama
Fak./Jur/Prodi : Syari’ah/ Semua Jurusan
Jenjang Pendidikan : Strata – 1
Bobot : 3 SKS
- Mahasiswa mengetahui dan memahami pengertian obyek sujur scope Ushul Fiqh dan perbedaanya dengan Fiqh serta sejarah perkembangan aliran-aliran dan karya ilmiyah Ushul Fiqh, al-hakim, al-hukum, al-maklum fiqh dan al-maklum alaih, dasar hukum Islam, metode istimbat hukum syar’iy, taarud al-adillah, al-ijtihad dan mujtahid dan kaidah-kaidah fiqhiyah.
- Mahasiswa bersikap kritis, logis dan metodologis serta mampu menerapkannya secara terampil dan operasional
C. Materi :
1. Pengertian, obyek, tujuan, ruamg lingkup Ushul Fiqh sejarah perkembangan, aliran-aliran.
2. Al-Hakim, al-Hukm, al-Mahkum Fih dan al-Mahkum Alaih.
3. Metode ta'lili (Qiyas dan Istihsan )
4. Metode Istishlahi (maslahah) :
a. Dlaruriyat :
- al-Din/ Agama
- al-Nafsu/ keselamatan jiwa/ manusia dunia akherat dan terkait dengan hak asasi manusia
- al-‘Aqlu/ pengembangan penalaran dan keharusan menjaga serta memelihara kesehatan
akal pikiran.
- al-’Irdlu/ hukum keluarga/ memelihara kelangsungan eksistensi umat manusia/ hukum
perkawinan dan konsekwensinya, dan;
- al-Maal/ hukum Syara’ tentang harta benda.
b. al-Hajiyat/ ketentuan yang bersifat alternatif
c. al-Tahsiniyat/ estetika/ akhlaq yang terpuji dan yang tercela
5. Ta’arud al-Adillah (pengertian dan metode penyelesaiannya: al-Jam’u wa al-Taufiq, al-Tarjih
dan al- Nasakh).
6. Al-Ijtihad dan al-Mujtahid : pengertian, hukum dan macam-macam ijtihad; syarat-syarat dan
peringkat mujtahid; kududukan ijtihad; taqlid, ittiba’ dan talfiq; ijtihad dan ifta’.
7. Kaedah-kaedah Fiqhiyyah
a. Pengertian/ Batasan/ Ta’rif/ definisi Fiqh ialah : Majmuatul Ahkam al-Mutasyabihah
(Kumpulan hukum yang mempunyai kesamaan)
b. Kaidah fiqh yang bersifat induk ada (5) lima
c. Kaidah fiqh yang bersifat rinci ada (40) empat puluh
d. Kaidah fiqh yang bersifat/berbentuk pertanyaan ada (20) dua puluh
D. Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas pembelajarannya menggunakan strategi kuliah aktif,
diskusi, penugasan, studi kusus dan penulisan makalah.
E. Penilaian/ Evaluasi
- Book review.
- Kuliah dan keaktifan di kelas
- Produk makalah
- Tes tertulis (UTS dan UAS).
F. Referensi :
- al-Qur’an al-Karim
- Muhammad fu’ad Abdul Baqi’: al-Mu’jam al-Mufahros li AlFadz al-Qur’an.
- Al-Hasani al-Mardisi Mudik Baitil Lahmi al-Sabiq : Fath al-Rahman li Tholabi ayat al-Qur’an
- Muhammad bin Idris al-Syafi’I 9 150 – 240 H ): al-Risalah
- Abi Ishaq al-Syatibi : al-Muwafaqat fi Ushul al-Syafi’iyyah
- Imam al-Ghazali : al-Musytashfa
- ali Fikri 1-5 : Ahsan al-Qashash
- Dr Wahbah al-Zuhayli : Ushul al-Fiqh al-Islamiy
- Muhammad Abu Zahrah : Ushul al-Fiqh
- Abdul Wahab Khollaf : Ilm Ushul al-Fiqh
- Dr. Muhammad al-Khimso : al-Qur’an al-Karim : Tafsir wa Bayan Ma’a Asbab al-Nuzul li al-Suyuthi Ma’a Fahri kamilah li Mawadhi al-Fiqh
- Mana Halil al-Qattan : Tarikh Tashri’ al-Islami
- Khudlori Beyk : Ushul al-Fiqh
- al-Suyuthi al-Syafi'i : al-Ashbah wa al-Nadha’ir
- Ibnu Nujaym al-Hanafi : al-Ashbah wa al-Nadha’ir
Silabus Ushul Fiqh dan Kaidah-Kaidah Fiqhiyah
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
artikel Ushul Fiqh yang sangat bagus dengan dilengkapi sumber yang terpercaya..teruskan sob.. artikel sejenis lainnya tetap ane tunggu.. syukron
insyaallah sOb.. it skdar silabus MAKUL pengajaranQ.. insyaallah ntr tak share artikel2 ushul fiqh .. mhn dukungannya !