Thursday, 23 December 2010

SEJARAH WAKAF DALAM ISLAM

:

Wakaf di zaman Islam dimulai bersamaan dengan kenabian Muhammad di Madinah yang ditandai dengan pembangunan masjid Quba>’, yaitu masjid yang dibangun atas dasar takwa sejak dari pertama, agar menjadi wakaf pertama dalam Islam untuk kepentingan agama. Peristiwa ini terjadi setelah Nabi> hijrah ke Madi>nah dan sebelum pindah ke rumah pamannya yang berasal dari Bani> al- Najja>r. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan Masjid al-Nabawi> yang dibangun di atas tanah anak yatim dari Bani> al-Najja>r setelah dibeli oleh Rasu>l Alla>h SAW. dengan harga delapan ratus dirham.[1] Dengan demikian, Rasu>l Alla>h telah mewakafkan tanah untuk pembangunan masjid. Para sahabat juga telah membantu beliau dalam menyelesaikan pembangunan ini.
            Wakaf lain yang dilakukan pada masa Rasu>l Alla>h SAW. adalah wakaf tanah khaybar dari ‘Umar bin al-Khat}t}a>b. Tanah ini sangat disenangi ‘Umar bin al-Khat}t}a>b karena subur dan banyak hasilnya. Namun demikian, ia meminta nasehat kepada Rasu>l Alla>h tentang apa yang seharusnya ia perbuat terhadap tanah itu, maka Rasu>l Alla>h menyuruh ‘Umar bin al-Khat}t}a>b menahan pokoknya dan memberikan hasilnya kepada para fakir miskin, dan ‘Umar bin al-Khat}t}a>b pun melakukan hal itu. Peristiwa ini terjadi setelah pembebasan tanah khaybar yang terlaksana pada tahun ketujuh hijriyah.
            Hal yang sama  juga terjadi pada perkebunan bayruha>’ yang diwakafkan oleh Abu> T}alh}ah, padahal perkebunan itu adalah harta yang sangat dicintainya. Maka turunlah surat A>li-‘Imra>n ayat 92:
لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ.[2]   
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai”. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya”.
 



[1]Mundzir Qohaf, Manajemen Wakaf Produktif (Jakarta: Khalifah, 2005), 6. Baca: John L. Esposito, The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World (New York: Oxford University Press, 1995), 3.
[2]Al-Qur’a>n, 3 (Ali-‘Imra>n): 92.


SEJARAH WAKAF DALAM ISLAM 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.


Artikel Terkait

cElOTEh sObAT BLOGGER :

Ada 0 komentar ke “SEJARAH WAKAF DALAM ISLAM”
:cendolbig :batabig :najis :marah :repost :2thumbup :matabelo :request :babyboy1 :sorry :travel :kimpoi :ultah :rate5 :bola :kbgt :iloveindonesia :nosara :berduka :hoax :dp :cekpm :thumbup :kr :nohope :ngacir :salahkamar :cool :mewek :babyboy :babygirl :95

ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

BLOG ini DOFOLLOW _ Berkomenarlah Yang Baik Dan Sopan Zaaaa !!
Kalo Mau Pake EMOTICONS, sObat Hanya Cukup Menulisan Kodenya Saja... !! ( :10 :11 :13 :16 - :101 / :najis :travel :rate5 ) BE A FRIENDLY !