Tujuan Perkuliahan Mata Kuliah Tafsir Tarbawi
Agar mahasiswa mampu mendekati dan memahami al-Qur`ân melalui sudut pandang pendidikan (education perspctive), baik secara teoretik maupun praktik, yang berhubungan dengan kependidikan, melalui kajian kritis terhadap tafsir ayat-ayat dengan metodologi dan pendekatan tafsir tarbawi hingga mampu mengambil simpulan serta mengaplikasikannya dalam praktik pendidikan nyata.
KELOMPOK 1
1. Al-Qur`ân sebagai Sumber Pendidikan dan Pengajaran
KELOMPOK 2
Pengertian tafsir, ta`wil dan terjemah, persamaan dan perbedaan, serta hubungan antara ketiganya
KELOMPOK 3
Metode-metode tafsir: Al-tafsîr al-tahlîlîy, al-ijmâliy, al-muqâran dan al-mawdlû`iy
KELOMPOK 4
Metode Pembelajaran Dan Pengajaran Dalam Surat Al-Qur’an
a. Al-Maidah Ayat 67
b. An-Nahl ayat 125
KELOMPOK 5
Urgensi Ilmu Dan Pendidikan (Penghargaan Al-Qur`Ân Terhadap Ilmu Dan Orang Yang Berilmu)
a. Al-Mujadalah: 11
b. Al-Zumar: 22
KELOMPOK 6
Kewajiban Menuntut Ilmu
a. Al-’Alaq: 1-5
b. Al-Ghasyiyah: 17-20
c. Ali ’Imran: 190-191
d. Al-Tawbah: 122
e. Al-‘Ankabut: 19-20
f. Al-Rahman: 33
KELOMPOK 7
Tujuan Pendidikan
a. Ali ’Imran: 138-139
b. Al-Fath: 29
c. Al-Hajj: 41
d. Al-Dzariyat: 56
e. Hud: 61
- DIKERJAKAN SESUAI DENGAN PEMBAGIAN KELOMPOK
- MAKALAH MINIMAL 15 HALAMAN - (Font 12, Spasi 1 1/2, Kertas A4)
- DIPRESENTASIKAN SETIAP JAM PERKULIAHAN
- MAHASISWA YANG TIDAK PRESENTASI ATAUPUN YANG TIDAK MENGUMPULKAN MAKALAHNYA, NILAI AKAN DIKURANGI
Pembagian Tugas Kelompok Makalah Mata Kuliah Tafsir Tarbawi 2012
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
11
menuntut ilmu adalah hoby yg paling digemari para ulama zaman dulu
:52 woi gambar coment nya ada yang ga sopan hapus dong atau gantilah hehehe